Training of Trainers "Penggunaan Data Kependudukan Untuk Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana”

United Nation Population Fund (UNFPA) dan URDI dalam periode tahun 2014 – 2015 ini bekerjasama dalam proyek “Menghubungkan Dinamika Kependudukan dan Adaptasi Perubahan Iklim dengan Pengurangan Risiko Bencana”. Salah satu hasil (outcome) yang diharapkan dari proyek ini terkait dengan pengembangan kapasitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk memasukkan isu dinamika penduduk dalam kebijakan adaptasi perubahan iklim dan pengurangan risiko bencana.

 

Foto_Peserta

Dalam rangka mencapai outcome tersebut, UNFPA dan URDI menyelenggarakan Training of Trainers (ToT) tentang “Penggunaan Data Kependudukan Untuk Adaptasi Perubahan Iklim dan Pengurangan Risiko Bencana” yang bertujuan untuk membangun kapasitas pemerintah, baik pemerintah pusat maupun daerah, dan mengembangkan pengetahuan serta keterampilan untuk memahami dinamika ruang tentang komposisi dan karakteristik penduduk yang sangat penting dalam meningkatkan ketahanan terhadap perubahan iklim di tingkat nasional dan daerah. Kegiatan ToT yang diselenggarakan selama dua hari, yaitu tanggal 31 Maret – 1 April 2015, dihadiri oleh 20 orang peserta yang terdiri dari perwakilan Bappenas, KLHK, BKKBN, BPS, BNPB, BIG, LIPI dan Pemerintah Daerah Kota Semarang yang diwakili oleh anggota IUCCE (Initiative for Urban Climate Change and Environment).

Pengajar pada kegiatan ini adalah Sainan Zhang yang merupakan Analis Teknik di UNFPA New York. Pada kegiatan ini, Sainan memperkenalkan DECA (Demographic Exploration for Climate Adaptation), yaitu suatu perangkat yang dikembangkan oleh UNFPA New York bekerjasama dengan IIED (International Institute for Environment and Development) dan Wolfram Research untuk menjelaskan keterkaitan antara dinamika penduduk dan adaptasi terhadap perubahan iklim. Tujuan dikembangkannya perangkat ini adalah untuk menggabungkan data kependudukan dan data geografis  langsung ke para pembuat kebijakan untuk membantu dalam merumuskan rencana adaptasi melalui teknologi terkini (informasi lebih lanjut mengenai DECA dapat dilihat pada http://www.popclimate.net/).

ToT_Decatools

Pengembang DECA telah mencoba membuat DECA untuk kota-kota di beberapa negara, antara lain di Indonesia untuk Kota Semarang dan Kabupaten Semarang, yang dijadikan studi kasus dalam pelatihan ini. DECA merupakan perangkat untuk mengolah data spasial yang lebih sederhana dari Sistem Informasi Geografis sehingga penggunanya tidak memerlukan kualifikasi khusus yang ahli dalam bidang analisis spasial. Melalui kegiatan ToT ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada para peserta dalam mengembangkan kemampuannya menggunakan DECA Tool.

Address

Komplek Perkantoran Royal Palace Blok C-3
Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH Kav. 178A
Menteng Dalam - Jakarta Selatan 12870

(021) 8312087

(021) 8312196

urdi@urdi.org | Quick Contact | Location Map