News

Forum URDI: Pengembangan Ekonomi Lokal

 

Pada tanggal 1 Oktober 2010 yang lalu, Forum URDI kembali diadakan dengan tema Konsep dan Penerapan Pengembangan Ekonomi Lokal di Indonesia. Di ruang rapat URDI, hadir para pakar yang banyak terlibat dalam pengembangan ekonomi lokal, antara lain: Hendropranoto Suselo dan Hania Rahma dari  Proyek USDRP kerjasama Kementerian PU dan Bank Dunia, Risfan Munir dari LGSP, Mas Wedar Aji dari Bappenas, Kawik Sugiana dari UGM, Astia Dendi dari GTZ DeCGG, Anwar Wardhani dari BRI Syariah dan Budhy Tjahjati dari URDI.

 

Beberapa catatan penting yang muncul antara lain: i) perlu lembaga di tingkat pusat dan daerah yang dapat menjaga keberlanjutan penerapan PEL, ii) perlu ada upaya  integrasi proses PEL dengan mekanisme perencanaan dan pembangunan di daerah, iii) informasi mengenai upaya Bappenas dalam mengembangkan lembaga fasilitasi pengembangan ekonomi lokal,  iv) program dan penjelasan program PEL perlu didokumentasikan sehingga  ada pembelajaran untuk pihak lain.

Sebagai tindak lanjut akan dilaksanakan pertemuan kecil untuk membahas penyusunan buku/ tulisan mengenai pengembangan ekonomi lokal.

Publications

Address

Komplek Perkantoran Royal Palace Blok C-3
Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH Kav. 178A
Menteng Dalam - Jakarta Selatan 12870

(021) 8312087

(021) 8312196

urdi@urdi.org | Quick Contact | Location Map

You are here: Articles