Rapat Teknis Apeksi: Sumber dan Teknik Pembiayaan Pembangunan Daerah | 7 November 2010

1.9/5 (10 votes)

 

Pelaksanaan pembangunan daerah membutuhkan dukungan sumberdaya pendanaan yang memadai. Selama ini Pemerintah Kota masih mengandalkan sumber-sumber pendanaan pembangunan konvensional yang bersumber dari pendapatan daerah dan dana transfer dari pemerintah pusat dalam bentuk DAU, DAK dan Bagi Hasil.

 

Pada hari pertama rapat kerja teknis APEKSI tanggal 7 November yang lalu, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Prof. Dr. Armida S. Alisjahbana, MA. menekankan perlunya efisiensi dan inovasi pemerintah daerah dalam mobilisasi dan pemanfaatan sumber-sumber pembangunan di daerah.

Topik-topik lain yang disampaikan oleh para narasumber di dalam pertemuan itu antara lain: (i) Alternatif pembiayaan pembangunan infrastruktur bagi pemerintah daerah yang disampaikan oleh Drs. Soritaon Siregar, M.Soc.,SE, Kepala Pusat Pusat Investasi Pemerintah (PIP), (ii) Strategi dan kebijakan pemberdayaan koperasi dan UMKM dalam rangka pembangunan ekonomi nasional dan daerah yang disampaikan Dr. Pariaman Sinaga, Deputi Pembiayaan, Kementerian Koperasi dan UKM, (iii) Sumber dan teknik pembiayaan pembangunan daerah bidang lingkungan hidup yang disampaikan dr. Sudhiani Pratiwi, Direktorat Lingkungan Hidup, Bappenas.

Address

Komplek Perkantoran Royal Palace Blok C-3
Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH Kav. 178A
Menteng Dalam - Jakarta Selatan 12870

(021) 8312087

(021) 8312196

urdi@urdi.org | Quick Contact | Location Map