News

Articles

RUU Pemda Harus Tingkatkan Kualitas Perencanaan Pembangunan Daerah

Direktur Urban and Regional Development Institute (URDI) Wahyu Mulyana menilai pengaturan perencanaan pembangunan daerah dalam RUU Pemda masih terbatas pada aspek prosedural, dan belum menyentuh peningkatan kualitas agar lebih efektif dan berkualitas.

URDI salah satu elemen Pokda Otda setidaknya menemukan empat faktor mengapa perencanaan pembangunan daerah menjadi tidak efektif, sehingga wajar ada asumsi bahwa pengatur perencanaan pembangunan daerah dalam RUU Pemda terbatas aspek prosedural.

Read more...

Workshop Pembahasan Kajian Kriteria Baku Akibat Perubahan Iklim | 18 November 2010

 

Deputi Bidang Pengendalian Kerusakan Lingkungan dan Perubahan Iklim menyusun kajian singkat mengenai kriterian baku perubahan iklim. Kajian ini merupakan mandat Undang –Undang No 32/2009 tentang perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup mengenai perlunya penetapan peraturan pemerintah tentang kriteria baku kerusakan ekosistem dan kriteria baku akibat perubahan iklim. Kajian ini akan menjadi landasan penyusunan Naskah Akademis tentang Kriteria Baku Kerusakan Akibat Perubahan Iklim yang kemudian akan menjadi sebuah referensi penting yang menyediakan informasi tentang dampak variabilitas iklim dan perubahan iklim pada sejumlah sektor utama di Indonesia.

Read more...

Kebijakan Pengaturan Pemanfaatan Ruang di Dalam Bumi untuk Kota Jakarta | 12 November 2010

Bappeda DKI Jakarta tengah menyusun kebijakan pemanfaatan ruang bawah tanah. Pada tanggal 12 November 2010 diselenggarakan pertemuan pembahasan laporan kegiatan.

Pemanfaatan ruang di dalam bumi merupakan salah satu alternatif pendekatan untuk menyiasati masalah keterbatasan lahan di kota-kota besar di dunia. Kota Jakarta merencanakan pemanfaatan ruang dalam bumi untuk membangun sistem transportasi umum massal (MRT). Dari koridor MRT tahap pertama dari Lebak Bulus ke Dukuh Atas, mulai dari lokasi Jl. Sisingamangaraja sampai ke Dukuh Atas akan menggunakan ruang dalam bumi.

Read more...

Shared Learning Dialogue 5: Kajian Sektoral Dampak Perubahan Iklim

Shared Learning Dialogue (SLD) 5, program Asian Cities Climate Change Resilience Network (ACCCRN) dilakukan di Semarang pada tanggal 11 November 2010. Sebagai bagian dari Program Asian Cities Climate Change Resilience Network (ACCRN) di Kota Semarang beberapa kajian sektoral dilakukan untuk mengetahui dampak perubahan iklim pada skala kota.

Read more...

Workshop Nasional: Daya Dukung Perkotaan dan Adaptasi Perubahan Iklim | 26 Oktober 2010

Dalam rangka memperingati Hari Habitat Dunia (World Habitat Day), Direktorat Pengembangan Permukiman dengan Direktorat Tata Bangunan dan Lingkungan, Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum menyelenggarakan Workshop Nasional: Daya Dukung Perkotaan dan Adaptasi Perubahan Iklim pada tanggal 26 Oktober 2010 .

Read more...

Publications

Address

Komplek Perkantoran Royal Palace Blok C-3
Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH Kav. 178A
Menteng Dalam - Jakarta Selatan 12870

(021) 8312087

(021) 8312196

urdi@urdi.org | Quick Contact | Location Map

You are here: