Short Course on Public-Private Partnerships (PPP): Training for Facilitators

CDIA telah mengadakan Short Course untuk fasilitator tentang Public-Private Partnerships (PPP) pada tanggal 2 – 4 Juli 2013 di Bangkok, Thailand. Materi Short Course ini berdasarkan Pedoman Public-Private Partnership yang disusun oleh CDIA. Pedoman ini menyediakan tampilan yang inovatif untuk membantu pemerintah daerah memahami pendekatan proyek PPP yang potensial dan untuk meninjau beberapa masalah yang mungkin muncul dalam proses. Short Course ini diadakan untuk CDIA National Partner Organizations (NPO). Peserta yang hadir berasal dari beberapa negara di Asia, yaitu Indonesia, Philippines, Vietnam, China, dan Pakistan. URDI yang merupakan salah satu CDIA-NPO di Indonesia berkesempatan hadir untuk mengikuti Short Course ini.

Short Course ini merupakan tahap kedua dari serangkaian pelatihan PPP untuk dikembangkan bersama dan juga dikembangkan di negara masing-masing oleh NPO yang berpartisipasi. Sesuai dengan topik yang dibahas oleh CDIA (Pedoman PPP untuk Kota), pelatihan ini fokus pada pelaksanaan proyek PPP oleh kota-kota. Berbeda dengan tahap pertama yang membahas tentang pengertian dasar dan pendekatan PPP, pada tahap kedua ini lebih banyak membahas tentang proses PPP dan stakeholder yang terlibat di dalamnya.

 

Dengan adanya Short Course ini, diharapkan peserta yang berperan sebagai fasilitator di negaranya masing-masing dapat melakukan transfer knowledge mengenai PPP kepada pemerintah daerah agar PPP dapat bermanfaat dan dapat diimplementasikan untuk mendukung pembangunan infrastruktur. Oleh karena Pedoman PPP yang disusun CDIA sifatnya umum, maka diperlukan adaptasi terlebih dahulu agar sesuai dengan kondisi negara masing-masing, termasuk dengan Peraturan dan Kebijakan yang berlaku.

Address

Komplek Perkantoran Royal Palace Blok C-3
Jl. Prof. Dr. Soepomo, SH Kav. 178A
Menteng Dalam - Jakarta Selatan 12870

(021) 8312087

(021) 8312196

urdi@urdi.org | Quick Contact | Location Map